Keputihan Penyebab Kemandulan & Kematian
Keputihan Penyebab Kemandulan & Kematian – Dari dulu keputihan menjadi problem pelik bagi kaum hawa yang hingga kini sulit dicari solusinya. Bahkan tak jarang banyak wanita yang tidak tahu bahkan tidak menyadari dirinya mengalami keputihan sehingga kondisi tersebut sering diabaikan. Sebenarnya keputihan bisa dikategorikan suatu penyakit serius, dan apabila terlambat ditangani bisa menyebabkan kemandulan bahkan berujung pada kematian. Mengapa?
Banyak yang beranggapan keputihan adalah hal lumrah yang terjadi pada wanita. Anggapan yang seolah menganggap enteng tersebut secepatnya harus ditepis karena keputihan kemungkinan besar adalah gejala kanker leher rahim yang bisa menyebabkan kematian pada penderitanya. Apa sebenarnya definisi dari keputihan? Bagaimana ciri-ciri dan cara pencegahannya?

Keputihan atau istilah medisnya flour albus merupakan kondisi dimana terdapat cairan yang keluar dari vagina secara berlebihan. Keputihan memiliki 2 sifat yaitu patologis atau disebabkan oleh penyakit tertentu serta fisiologis atau keputihan dalam keadaan normal. Keputihan sendiri tidak mengenal usia, dengan kata lain bisa terjadi pada wanita semua usia.


Keputihan ada 2 Macam Yaitu :

  1. Keputihan fisiologis umumnya terjadi pada wanita di masa subur, atau bisa juga sebelum atau sesudah menstruasi. Dalam kondisi tersebut biasanya lendir keluar berlebihan namun masih dikatakan normal karena tidak menimbulkan bau. Sedangkan keputihan yang bersifat patologis umumnya terjadi akibat infeksi pada vagina atau adanya benda asing pada vagina. Infeksi yang terjadi tersebut bisa karena jamur, protozoa, atau bakteri.
  2. Keputihan patologis memiliki ciri warna yang tidak sama seperti lendir kebanyakan, melainkan seperti warna hijau kekuningan atau seperti warna kepala susu. Perubahan warna ini karena lendir bercampur darah dan umumnya sudah menjadi penyakit. Jika keputihan patologis sudah menjadi penyakit maka akan menimbulkan rasa gatal di area vagina disertai dengan bau menyengat.
Selain disebabkan oleh jamur dan bakteri, seorang wanita yang melakukan hubungan seks juga rentan mengalami keputihan patologis akibat kontaminasi kuman-kuman yang berasal dari luar. Dengan kata lain keputihan bisa terjadi akibat penyakit kelamin yang dibawa oleh pasangan. Keputihan pada level parah bisa berbau busuk bahkan disertai darah, dan pada kondisi ini wanita sangat berpotensi mengalami penyakit kanker leher rahim.

Pencegahan Keputihan

Timbulnya jamur, bakteri, atau protozoa penyebab keputihan sangat mungkin bersumber dari kebiasaan menggunakan handuk bersama, memakai celana dalam bersama, atau kebersihan vagina yang kurang terjaga. Untuk itu sebaiknya hal tersebut dihindari dan sesering mungkin membersihkan daerah vagina dengan douchi (pembilasan vagina) atau menggunakan antiseptik.

Untuk kasus keputihan yang serius sebaiknya jangan ambil resiko. Berkonsultasi ke dokter adalah solusi terbaik dibanding obat-obatan antiseptik yang belum bisa dipastikan efektifitasnya. Perlu diketahui, keputihan yang kronis sangat sulit diobati dan jika sudah menjalar ke rongga rahim lalu ke indung telur dan berakhir di rongga panggul, bisa membuat wanita mengalami kemandulan bahkan kematian.
 
Nada Ekanova Atasya © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top