Mata minus merupakan gangguan yang terjadi pada mata sehingga membuat seseorang tidak dapat melihat benda pada jarak yang terlalu jauh. Masalah mata minus dapat dialami oleh siapa saja, tak peduli pria, wanita, anak-anak maupun orang dewasa.

Adapun penyebab mata minus umumnya disebabkan akibat dari sering membaca dalam keadaan gelap atau tidak mendapatkan pencahayaan yang memadai, membaca sambil berbaring, TV, terkena pancaran radiasi monitor, atau ponsel dan sebagainya.

Bagi para penderita mata minus, biasanya akan disarankan untuk menggunakan kacamata atau lensa kontak untuk membantu penglihatannya. Hanya saja, dua metode ini tidak dapat langsung mengurangi minus pada mata.
Lantas apa sajakah gejala mata minus?

Ada beberapa gejala yang akan dirasakan oleh para penderita mata yang minus, untuk penderita rabun jauh (miopia, mata minus), sumbu matanya terlalu cembung sehingga bayangan benda jatuh dari retina. Akibatnya, beda yang jauh tidak akan terlihat jelas. Tanpa bantuan kacamata, penderita rabun jauh akan mengalami sakit kepala dan rasa nyeri pada mata.

Gejala yang dapat menandakan bahwa anda menderita mata minus di antaranya sakit kepala (terutama dibagian depan mata), mata yang sering berair, mata perih dan berat. Kondisi seperti ini biasanya akan membaik jika mata diistirahatkan atau dengan menggunakan obat-obatan penawar rasa nyeri. Namun demikian, cara ini tidak dapat dipastikan akan bertahan lama. Lantas, bagaimana mengurangi atau mengobati mata minus?
Cara Mengurangi Mata Minus

Mata adalah jendela dunia, maka dari itu, menjaga kesehatan mata dan fungsinya agar tetap berjalan baik menjadi keharusan. Nah, berikut ini ada beberapa cara alami untuk mengurangi mata minus yang dikutip dari laman bidanku.com.

1. Konsumsi Sayur dan Buah
Apabila anda menginginkan mata minus berkurang secara alami, maka anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang baik untuk mata. Makanan yang baik untuk menutrisi mata diantara, buah alpukat, bawang putih, bawang erah, telur, bayam, wortel, salmon serta sayuran berdaun hijau lainnya. Selain itu, konsumsi buah-buahan yang sehat ikut juga menjadi penyumbang kesehatan mata. Hanya saja jika anda kurang menyukai santapan sayur dan buah secara langsung, maka anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk jus atau salad.

2. Manjakan Mata Dengan Panorama Indah
Melihat barisan gunung dan hamparan laut yang dihiasi dengan tanaman hijau akan ikut membantu menurunkan mata yang minus. Untuk itu, tidak ada salahnya menyempatkan waktu untuk berlibur dan mengunjungi tempat-tempat dengan pemandangan dan panorama yang indah untuk mengobati dan memanjakan mata.

3. Lakukan Senam Mata
Selain beberapa cara diatas, cara lain untuk dapat menurunkan minus pada mata adalah dengan melakukan senam mata. anda dapat melakukan latihan mata setipa hari. Latihan mata atau senam mata akan berguna untuk melatih daya fokus mata anda. Latihan ini bisa anda lakukan dengan cara melihat berbagai objek pada jarak yang berbeda, kemudian kedipkan mata secara normal yakni dengan tidak terlalu cepat atau tidak terlalu lambat.

4. Penggunaan Kacamata
Kacamata bisa menjadi altrnatif terakhir yang digunakan untuk terapi mata. Penggunaan kacamata akan mengurangi silau, hanya saka menggunakan kacamata mungkin akan membatasi ruang penglihatan anda. Namun jika sudah terbiasa menggunakannya hal ini tidak akan mengganggu anda.

Nah, itulah dia beberapa cara alami yang bisa anda lakukan. Cara ini tentunya lebih sederhana dan lebih mudah diaplikasikan dibandingkan menempuh operasi mata yang akan sangat memakan banyak biaya
 
Nada Ekanova Atasya © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top