Ada beberapa nasihat yang bermanfaat dan dapat memberikan hasil yang memuaskan ketika mencari pasangan hidup dengan izin Allah SWT, diantaranya :

1. Pilihlah wanita yang beragama kuat dan berakhlak mulia, karena Rasululllah telah berwasiat kepada kita tentang hal tersebut:

“Wanita dinikahi karena empat perkara: karena kehormatannya, hartanya, kecantikannya, dan agamanya. Maka pilhlah yang mempunyai agama niscaya kamu akan bahagia,” (HR. Imam Al-Bukhari).

2. Wanita yang mengamalkan agamanya dengan baik akan takut kepada Allah dalam bermuamalah dengan suami dan semua orang yang ada di rumahnya. Ia tidak akan membuat mereka susah dan tidak akan menimbukan masalah.

3. Baik atau buruknya akhlak seorang wanita, sedikit banyak bisa diketahui dengan melihat perilaku ibu, bibi-bibi, dan saudari-saudarinya.

4. Pilihlah wanita yang kecantikannya sedang. Jangan memilih wanita yang sangat cantik, karena ia akan berbangga diri dengan kecantikannya. Jangan pula memilih yang terlalu jelek yang tidak ada tandingannya dengan wanita lain. 

5. Utamakan wanita yang cerdas dan pembawaannya tenang. Hal tersebut bisa diketahui dengan memerhatikan caranya bermuamalah terhadap kedua orang tua dan saudaranya. 

6. Pilihlah wanita yang sederajat dalam status sosial, agar ia tidak menyombongkan diri dan suaminya tidak terhina gara-gara kesombongan istrunya. 

7. Pilihlah wanita yang berwawasan luas dalam beraktivitas 

8. Pastikan kesehatannya, terhindar dari berbagai penyakit dan kekurangan sedapat mungkin. 

9. Pilihlah wanita yang sederhana dalam permintaan dan tuntutannya. Jauhilah wanita boros, senang hidup galmour, dan suka mengkhayal. 

10. Carilah wanita yang terlatih dan terbiasa bekerja di dalam keluarganya, karena hal iu akan sangat dibutuhkan kelak setelah berumah tangga. 

Semoga bermanfaat. [islampos] 

Sumber: Cerdas Memilih Jodoh/Karya:Zaenal Abidin/Penerbit: Al-Manar

 
Nada Ekanova Atasya © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top