Nyeri saat menstruasi bukanlah hal yang baru bagi wanita. Sebagian besar wanita pernah mengeluh merasakan nyeri saat menstruasi. Perlu diketahui, nyeri pada saat menstruasi diakibatkan adanya kontraksi otot untuk meluruhkan dinding rahim. Pada saat inilah kadang muncul rasa nyeri yang sangat sakit, bahkan ada pula wanita yang sampai pingsan akibat nyeri yang luar biasa. Sebelumnya tentang Cara menyembuhkan keputihan secara alami

Nyeri saat menstruasi ini ternyata tidak hanya datang sekali, akan tetapi bisa berulang kali atau bahkan setiap bulan pasti nyeri. Tentunya rasa nyeri ini cukup menyiksa serta menganggu aktifitas wanita, baik sebagai pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran, atau hanya sebagai ibu rumah tangga. Untuk itulah perlu adanya penanggulangan agar rasa nyeri yang diakibatkan menstruasi tida mengganggu aktifitas para kaum hawa.

Berikut tips mengatasi nyeri saat menstruasi yang bisa dilakukan:

1. Persiapan menjelang menstruasi

Menstruasi memiliki jangka waktu tertentu yang senantiasa hadir setiap bulannya. Setidaknya sebagai aktifitas rutin, wanita bisa memperkirakan kapan tamu bulanan itu datang. Sehingga bisa mempersiapkan diri ketika suatu saat menstruasi datang disaat yang tidak tepat. Salah satu persiapan yang bisa dilakukan menjelang menstruasi adalah dengan menyiapkan obat anti nyeri yang bisa diperoleh dari dokter. Jadi, apabila menstruasi datang dan nyeri mulai menyerang, maka langkah pertama yang dilakukan adalah meminum obat pereda nyeri yang bisa diperoleh dari dokter.
2. Kurangi stress
nyeri saat menstruasi
Tidak sedikit wanita yang stress dan khawatir ketika akan mengalami menstruasi. Oleh karena itu, sebaiknya mencoba lebih tenang dan tidak terlalu memikirkan rasa nyeri. Dengan relax dan tenang, maka rasa nyeri bakal lebih ringan dibandingkan wanita yang khawatir berlebih.

3. Makanan Sehat
Perbanyaklah mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran. Dengan banyak mengkonsumsi makanan sehat, maka tubuh akan lebih kuat dan sehat dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan yang banyak emngandung bahan kimia. Dan yang tidak kalah penting, perbanyaklah mengkonsumsi air putih. Seperti yang diketahui, air putih memiliki efek yang sangat baik terhadap tubuh.

4. Kontrol Emosi
Ketika menstruasi biasanya wanita juga mengalami emosi yang tidak stabil. Akan tetapi bukan berarti wanita diperbolehkan mudah marah. Oleh karena itu, jangan biarkan emosi yang tidak stabil melanda saat menstruasi. Belajarlah mengontrol emosi di saaat datang bulan. Karena mengontrol emosi kala menstruasi bisa menjadi modal berharga untuk menghadapi rasa nyeri saat menstruasi.

5. Istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup merupakan salah satu pola hidup sehat. Dengan istirahat yang cukup maka tubuh menjadi lebih kuat karena memiliki tenaga yang lebih besar dibandingkan wanita yang kurang istirahat. Dengan kata lain, apabila istirahat cukup maka tubuh menjadi segar dan lebih bertenaga. Dengan tubuh yang segar dan bertenaga maka lebih siap menghadapi dan mengatasi nyeri saat menstruasi.
 
Nada Ekanova Atasya © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top